Sabtu, 24 Oktober 2009

The Story Of "SMANSATA"



SMA Negeri 1 Tarakan, yg biasanya itu disebut SMANSATA sama kebanyakan muridnya adl salah satu sekolah tertua di Tarakan yg scra resmi didirikan pada 1 Agustus 1965 berdasarkan SK Kepala Dirpu No. 18/Dirpu/1965. Sepanjang sejarah, sekolah ini telah menghasilkan banyak prestasi (sekolahku nie) dan terus berupaya menunjukkan ekstensinya banyak sekolah terbaik di wilayah utara Kalimantan Timur, dan telah melahirkan ribuan lulusan yg berhasil (ckckckck).


Sebagai sekolah RSBI, pada tahun pelajaran 2008/2009 siswa SMA Negeri 1 Tarakan juga sudah mulai mengikuti kegiatan yg beskala internasional. Diantara kegiatan yg diikuti adl Asian Science Camp di Bali dan Internatoinal Youth Coastal Conference di Townsville, Australia.




Usaha untuk meningkatkan kualitas tidak hanya terfokus pada siswa namun juga untuk para guru. Untuk mendukung para guru agar semakin mahir dalam menggunakan komputer dab berbahasa inggris, SMANSATA juga memfasilitasinya dengan workshop terkait. Hal ini merupakan salah satu target utama untuk membuat para guru dan staff mahir berbahasa inggris dan mahir menggunakan komputer sebagai komponen pendukung menuju sekolah berstandard internasional.



The History Of SMANSATA

Sekitar tahun 1960 SMA ini adl merupakan cabang/filial dari SMA Negeri 1 Samarinda dipimpin oleh Kepala Sekola Yakub I Slau yg dilanjutkan oleh Bapak Yuslimin Sanlias, BA ntuk periode 1961-1975.

Walapun SMA ini telah mnjadi SMA Negeri namun tantangan, hambatan, dan berbagai kesulitan masih banyak sekali yg harus diatasi demi kelancaran pelaksanaa proses belajar mengajar yg pada waktu itu belum stabil di segala bidang (yg sabar ea...).



Vision

Unggul dalam prestasi seiring dengan perkembangan IPTEK dan TIK serta siap berkompetisi di era globalisasi berdasarkan iman dan taqwa.


Mission
- Melaksanakan kegiatan peningkatan iman dan taqwa untuk menumbuhkan kepribadian siswa sebagai insan yang berakhlak mulia.
- Melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan bertaraf internasional.
- Meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan.
- Melaksanakan pengadaan sarana prasarana yang menunjang kegiatan belajar mengajar sesuai dengan perkembangan IPTEK dan TIK.
- Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif.
- Menerapkan manajemen parsitipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan stakeholders.


Core Values and School Logo


Budaya Mutu SMANSATA yg telah diimplementasikan sejak Mei 2007 ald:


Bersih

Disiplin

Santun

Peduli


Logo SMA Negeri 1 Tarakan yg telah diluncurkan pada 31 Agustus 2008 merupakan karya siswa SMA Negeri 1 Tarakan. (ckckckck)

Keterangan gambar dan warna adl sebagai berikut:
> Ciri seorang siswa yang sedang menuntut ilmu;
> Tanda dari seorang lembaga pendidikan dimana terjadi proses belajar mengajar;
Belajar di SMA Negeri 1 Tarakan bukan hanya bersumber dari buku kurikulum saja, namun juga dri saran lain sesuai perkembangan jaman (mis: internet) sehingga peserta didik bukan hanya siap berkompetisi di level lokal saja, bahkan juga berkompetisi di level nasional, juga internasional.
> Sebagai ciri kahs Tarakan (diambil dari Ornamaen ukiran yang biasa dibuat pada suatu monumen).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar